PENTINGNYA ILMU

Dalam kajian ahad pagi yang diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Rungkut kali ini bertempat di halaman Panti Asuhan Muhammadiyah Medokan Ayu, sedangkan pengasuhnya adalah Ustadz Drs. Zayin Chudlori, M.Ag. ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surabaya saat ini. Meskipun tempatnya kurang memadai para jama'ah nampak antusias menyimak tausiyah sambil diduduk bersila diatas tikar dan bekas spanduk di pelataran panti asuhan.


Dalam kajian kali ini dibahas secara panjang lebar mengenai betapa pentingnya seseorang menguasai ilmu pengetahuan. Karena dengan ilmu pengetahuan seseorang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang lebih baik dan tentu saja nilai tawar yang tinggi. Sebagai ilustrasi adalah seorang yang mengepel lantai dengan hanya berbekal kain pel dengan cleaning service yang menggunakan standar kebersihan tertentu akan memperoleh jasa kebersihan yang berbeda.

Bahkan untuk beribadah dengan benar pun harus didasari oleh ilmu pengetahuan . Muhammadiyah mengajak kepada para warganya untuk selalu beribadah menggunakan landasan ilmu pengetahuan dan tidak boleh mengikuti suatu pendapat yang tidak diketahui dasar hukumnya (taklid buta) agar ibadahnya sesuai dengan ajaran alquran dan sunnah nabi. Agar dapat shalat, puasa, zakat, haji dengan benar maka harus dipelajari terlebih dahulu ilmunya masing-masing.

Dalam kesempatan ini juga disinggung tentang penetapan awal ramadhan dan 1 syawal oleh Muhammadiyah. Bahwa Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa 1434 H bertepatan dengan tanggal Selasa,9 Juli 2013 dan 1 syawal 1434 H bertepatan dengan tanggal kamis, 8 Agustus 2013. Ustadz Zayin juga menjelaskan secara jelas alasan penetapan kedua hari raya tersebut.

Kegiatan ini ditutup dengan pembagian sembako kepada para santriwan dan santriwati yang dibina oleh panti asuhan Muhammadiyah Medokan.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

KEMBALI KE ATAS